Total Tayangan Halaman

Minggu, 14 Oktober 2012

Menaklukan Rasa Takut untuk Meraih Sukses

Tidak pungkiri oleh semua orang di dunia ini, tentulah seseorang memiliki rasa takut. Walaupun rasa takut itu besar, sedang, ataupun kecil sehingga tidak terlihat oleh orang banyak. Tetapi setiap orang memiliki rasa takut dikarenakan hal-hal yang berbeda pula. Ada yang merasa takut terhadap hal yang mengerikan, sesuatu yang menjijikan, takut pada suatu bentuk perasaan ataupun takut terhadap suatu kondisi yang tidak diinginkan.

Banyak orang berpikir ketakutan adalah hal yang wajar yang dimiliki oleh setiap orang, tetapi masalahnya adalah rasa ketakutan yang berlebihan dan tidak terkendali adalah bentuk ketakutan yang sebenarnya memberikan dampak buruk untuk seseorang tersebut. Misalnya saja, apabila seseorang memiliki rasa ketakutan pada hantu pada umumnya. Ketika dalam kondisi sendirian, dia langsung merasakan ketakutan dan semakin lam dia berada di tempat itu sendirian, maka rasa ketakutannya semakin meningkat dan bahkan membuat dirinya lari keluar ruangan atau mencari teman seketika, padahal sebenarnya dia tidak melihat hantu atau bentuk lainnya. Namun dikarenakan rasa ketakutannya, justru yang membuat dirinya merasakan ketakutan dan tentunya berdampak buruk pada pribadinya. Belum lagi rasa ketakutan pada hal-hal lainnya yang bahkan dianggap orang sepele dan seharusnya tidak perlu ditakuti. Misalnya takut pada barang tajam sehingga tidak pernah berani memegang suatu barang yang memiliki ketajaman, takut pada binatang, benda atau hal lainnya. Tentunya ini akan merugikan diri kita sendiri dan juga orang lain. Bagaimanakah sebaiknya kita menghadapi rasa ketakutan itu? dan sebisa mungkin menghilangkan rasa takut itu, walaupun memang untuk menghapusnya secara total akan sangat sulit. Tetapi setidaknya kita mampu mengendalikan rasa takut itu agar tidak terlalu memberikan dampak psikologi untuk diri kita.

Rasa takut itu sendiri disebabkan oleh faktor ketidaksesuaian diri kita dengan hal itu, bisa itu merupakan hal yang baru, bisa merupakan dikarenakan hal-hal yang dianggap tidak menyenangkan atau bahkan membahayakan diri kita. Dalam psikologi, rasa takut sebenarnya adalah suatu peringatan dalam diri kita karena menganggap hal tersbut bertolak belakang dengan harapan atau kondisi diri kita, sehingga terkadang memang rasa takut itu kita perlukan untuk mencegah hal buruk terjadi lebih jauh. Tetapi dalam kehidupan kita, semakin besar rasa takut kita, tentunya dampak untuk mengambil langkah lebih maju akan semakin berkurang. Dikarenakan jika kita ingin mencapai suatu tujuan adalah sangat penting untuk lebih memiliki sifat atau sikap berani. Sehingga tentunya kita bisa terus maju menggapai harapan dan tujuan kita.

Rasa takut yang saya harap bisa diatasi kali ini adalah rasa takut untuk maju memperoleh kesuksesan diri kita. Rasa takut yang menghambat itu antara lain adalah :
1. Takut rugi
2. Takut bangkrut
3. Takut Berbicara di depan umum
4. Takut melakukan kesalahan
5. Takut akan Kemarahan bos atau atasan
6. Takut Dicela atau dihina
7. dan masih banyak lagi

Bentuk ketakutan diatas adalah bentuk ketakutan yang dapat menghambat diri kita untuk meraih impian dan kesuksesan dalam hidup kita. Lalu bagaimanakah cara kita mengatasinya?

Saat saya masih kecil, saya merupakan orang yang pendiam, takut berbicara di depan umum, takut pada hantu, dan takut pada kegagalan dan kemarahan dari orang tua saya. Sehingga sikap saya dahulu tentu lebih mencari aman dan berdiam diri saja, sehingga kemajuan diri saya untuk bisa lebih baik menjadi lebih dominan. Namun kini saya bisa mengatasi ketakutan itu karena saya mencoba menggunakan cara-cara dibawah ini :

1. Mempelajari hal yang ditakuti

   Terkadang kita merasa takut pada suatu hal seperti diatas dikarenakan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki sangat terbatas, bahkan tidak jarang justru kita belum mengenal sama sekali akan hal yang kita takuti itu terlebih dahulu. Sehingga kita merasa takut hanya dikarenakan perasaan dan hal-hal yang mungkin saja tidak sepenuhnya benar. Misalnya saja takut berbicara di depan umum, kita berpikir bahwa ketika berbicara di depan umum kita akan memperoleh perhatian yang sangat besar, sehingga kita melakukan kesalahan ataupun hal memalukan lainnya, kita akan ditertawakan dan sangat akan membuat diri kita semakin buruk di depan orang banyak. Padahal sebenarnya, semakin kita sering belajar dan berbicara di depan umum. Maka cara berbicara, sikap dan bentuk komunikasi kita akan semakin meningkat dan membuat kita semakin lebih baik. Sehingga kita tentu perlu memahami baik dan buruknya ketika kita bisa tampil berbicara di depan umum. Ini menandakan, bahwa setakut apapun diri kita pada suatu hal, sebaiknya pelajari dan pahamilah dahulu dengan seksama akan hal yang kita takuti itu terlebih dahulu. Mungkin saja hal itu tidak seburuk seperti yang kita pikirkan. Mulailah mencoba menghilangkan bentuk "PERSEPSI" dalam diri kita dengan bentuk "saya pikir itu buruk", "saya kira itu jelek", "saya kira itu memalukan" dan lain sebagainya. Karena persepsi bukanlah hal yang pasti dan terbukti. Sebaiknya anda pelajari, pahami, dan buktikan tentang persepsi dan hal yang anda takuti itu. Saya yakin, sebenarnya dalam setiap hal terdapat unsur positif yang perlu kita terima dan lakukan. Jadi, PELAJARILAH, PAHAMILAH, dan COBALAH tentang hal yang anda takuti itu.

2. Lihat dari pengalaman orang lain

   Hal ini tentu sangat penting, aneh bukan. kita merasa takut pada suatu hal, padahal ada orang lain yang justru sangat menyukai dan tidak merasa takut pada hal yang kita takuti itu. Maka sebaiknya, dengan modal pengetahuan yang sudah kita miliki, cobalah bertanya atau memahami "mengapa dia tidak takut pada hal yang justru saya takuti?" "Mengapa justru hal yang saya takuti ini, justru merupakan anugerah baginya?". Sepertinya itu menjadi pertanyaan yang akan membuat anda sudah mulai berani melawan ketakutan ini. Cobalah belajar dari orang lain, lihatlah bahwa justru dengan hal yang kita takuti itu, banyak orang yang justru sukses dan berhasil meraih impian mereka. Jadi, jika orang lain bisa. Mengapa kita harus mengatakan tidak??? Cobalah melakukannya sekarang.

3. Kuatkan tekad dan hati anda untuk melawan ketakutan itu

   Ketika anda sudah memahami dengan sepenuhnya akan ketakutan anda, dan anda sudah menyadari bahwa hal itu tidak baik, perlu anda perbaiki dan berubah. Katakan pada diri anda sendiri, bahwa anda ingin melawan rasa takut itu dan bisa maju kedepan untuk bisa menjadi lebih baik. Katakan pada hati anda bahwa anda bertekad untuk bisa maju, bisa sukses dan meraih impian anda dengan menghilangkan rasa takut itu. tentunya dikarenakan anda sudah mengetahui dengan pasti akan hal itu, memahaminya dan mengerti dengan sepenuhnya akan harapan anda di masa depan itu perlu sikap melawan ketakutan itu.

4. Lakukanlah dengan persiapan matang

   Kinii tinggal anda lakukan untuk melawan hal yang anda takuti, dan anda kan langsung merasakan sendiri bagaimanakah sebenarnya akan hal yang anda takuti itu, jika mungkin masih tidak memenuhi sessuai harapan anda. sebaiknya cobalah evaluasi dan pahami kembali mungkin saja memang butuh persiapan yang lebih matang dan latihan ataupun pemahaman lebih dalam lagi agar anda benar-benar lega dan apa yang anda takuti itu semakin menghilang dan anda akan semakin bisa melakukannya dengan serius dan terus menerus tanpa kembali mengalami rasa takut yang berlebihan. Sehingga anda mampu meraih impian dan harapan anda untuk hidup yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar