Total Tayangan Laman

Sabtu, 07 Januari 2012

Mengatur Pola Hidup


Bila seseorang bertanya, apakah hidupmu sudah cukup baik. Atau bahkan ketika seseorang mengatakan keadaanya "Luar Biasa", apakag sebenarnya yang telah terjadi dalam hidupnya. Benarkah seseorang sudah memiliki kehidupan yang luar biasa atau cukup baik, atau justru kita sama sekali belum mengatahui tentang pola hidup itu sendiri yang baik dan luar biasa untuk diri kita sendiri.

Beberapa pendapat mengatakan, bahwa dalam pola hidup yang baik yang terpenting itu ada dua hal. Yang pertama adalah pikiran dan kemudian adalah kesehatan. Keduanya dianggap saling berkaitan dan memberikan manfaat, saat pikiran sedang stress atau tertekan, maka hal itu dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Begitu pula ketika kondisi tubuh sedang tidak normal mungkin dikarenakan gejala alam atau iklim yang ekstrem, maka kesehatan akan berpengaruh pada kondisi pikiran yang ikut melemah.

Dalam artikel kesehatan yang dikeluarkan oleh Universitas respati Indonesia (07/1) menyatakan "Untuk menata diri kita agar mempunyai pola hidup yg harus mengutamakan kesehatan. Maka kita harus disiplin dalam melakukan pencegahan-pencegahan sedini mungkin terhadap segala macam resiko." Hal ini menyatakan salah satu hal penting dalam hidup ini yang perlu kita jaga adalah pola hidup sehat yang menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan terjaga kestabilannya. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang baik, yaitu mengkonsumsi makana yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Namun terdapat pendapat bahwa setiap tubuh manusia memiliki sifat dan karakternya masing-masing. Ada yang mudah terkena penyakit dan ada yang memiliki kekebalan tubuh masing-masing. Ada yang mudah terkena alergi (makanan, debu angin, dll) ada jug ayang justru tidak memiliki gejala alergi sama sekali. Hal ini menunjukan bahwa kita harus mengetahui kekutan tubuh kita sendiri dengan baik. Peninjauan tentang tubuh kita dapat kita konsultasikan dengan dokter. Bahkan anda pun sebaiknya tidak sembarang memilih sembarangan dokter, karena terdapat beberapa pengalaman menunjukan ada kesalah pamahan tentang pengobatan dokter karena tidak sesuai dengan kondisi tubuh kita. Beberapa orang memilih menggunakan dokter keluarga atau dokter pribadi agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganan medis pada dirinya.

Selain kesehatan, satu hal lagi yang perlu anda perhatikan adalah pola pikir anda. Terutama pola pikir negatif yang berlebihan, pesimistis, atau pikiran yang buruk yang tidak baik, karena hal itu dapat menyebabkan gangguan pemikiran yang baik dalam diri anda yang dapat berpengaruh bagi kehidupan anda. Kebanyakan menyarankan anda untuk memiliki pola pikir yang positif, artinya sesuatu yang datang diterima dengan pikiran positif terlebih dahulu, kemudian dipahami lebih mendalam apakah hal itu baik atau ternyata justru hal itu hal yang tidak baik. Hal yang biasanya dapat mengatur pola pikir lebih baik adalah dengan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. berjalan-jalan dan rekreasi diteliti dapat memberikan pola pikir yng lebih tenang dan damai. Sehingga dapat menghindarkan diri anda dari stress dan depresi. Meditasi dan gerakan senam dikatakan dapat menstabilkan pikiran anda untuk lebih dapat terkonsentrasi dan bekerja secara maksimal dalam melakukan berbagai aktivitas, terutama dalam bekerja.

Kini anda pun harus mengenal diri anda, mengenal jalan pikiran anda setiap hari serta mengenal kondisi tubuh anda dengan baik. sehingga bentuk pola kehidupan yang anda jalankan pun akan semakin meningkatkan kualitas tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar