Total Tayangan Halaman

Senin, 23 Juli 2012

Cara Memperoleh hal Positif Saat Bekerja di Kantor

Kini sedang marak dan trend untuk bekerja di kantor membuat banyak orang justru salah mengartikan dengan anggapan bekerja di kantor lebih santai dan hanya duduk saja. Sehingga kebanyakan justru terus berpindah-pindah kerja dan tidak betah saat bekerja di kantor atau dimanapun mereka berada.

Padahal ada hal-hal yang perlu kita perhatikan saat bekerja di kantor agar memperoleh hasil maksimal dan positif saat kita bekerja sebagai karyawan ataupun atasan. Sehingga saya ingin mmemberikan sedikit tips bagaimana sebaiknya anda bekerja di kantor.

1. Tentukan pilihan pekerjaan terbaik anda.
    Banyak orang asal mencari kerja dan tidak memperdulikan antara kecocokan kerja dan ssifat mereka sehingga mereka tidak memperoleh rasa puas dan nyaman saat bekerja yang biasanya hanya tergiur karena mencari gaji atau pendapatan yang lebih besar. Jika diperhatikan, untuk apa kita bekerja di kantor dengan pendapatan yang besar, namun justru kita merasa tidak nyaman dengan pekerjaan itu, karena jusstru hal ini akan berdampak negatif pada mental diri kita dan tentu saja membuat tidak maksimal saat anda bekerja.

   Saran saya, sebaiknya pikirkanlah terlebih dahulu pekerjaan yang anda sukai dan cocok dengan karaskteristik anda, sehingga ketika anda bekerja nanti anda pun akan merasa nyaman dan memberikan hasil positif kedepannya. Semakin anda bekerja dengan baik dalam pekerjaan anda, saya yakin perkembangan karir anda pun akan semakin baik.

2. Jangan terlalu bersantai saat bekerja
    Kenyamanan bekerja di kantor yang lebih sering bekerja dengan duduk membuat kita merasa malas melakukan berbagai hal selain duduk. Namun hal itu justru merupakan hal yang tidak baik dalam bekerja, selain merusak kesehatan tubuh yang kurang gerak, juga dapat menimbulkan respon negatif dari berbagai pihak. anda akan dianggap tidak mau bergaul atau terlalu santai dalam bekerja.

3. Jaga Hubungan baik dengan rekan kerja
    Rekan kerja anda mungkin saat itu tidak memberikan anda pendapatan lebih, tetapi sebaiknya lakukan komunikasi dan pergaulan yang baik dengan seluruh karyawan atau rekan kerja anda, selain akan menimbulkan hal positif tentang anda dalam bekerja, juga akan dapat membantu anda apabila suatu saat anda membutuhkan bantuan mereka.

4. Terjun ke Lapangan
     Apabila anda merupakan pekerja kantor yang mendata atau mandor, manager atau sebagainya. Usahakan sessering mungkin melakukan pengecekan dan terjun langsung kelapangan, baik untuk melakukan pemantauan juga sebaiknya lakukan komunikasi dan menjaga hubungan yang baik dengan bawahan dan rekan kerja, sehingga anda akan terlihat bekerja dengan baik dan maksimal. Anda juga dapat melihat langsung hasil kerja dan pendataan yang anda lakukan.

5. Jangan menjilat
    Arti menjilat disini adalah anda terlalu mencari perhatian atasan anda dan berpura-pura bekerja keras dan membantu banyak hanya saat ada atasan atau boss saja. Sebaiknya bekerjalah dengan semaksimal mungkin bersama-sama rekan anda, atasan anda, maupun bawahan anda. Usahakan dekat dengan semua pihak, termasuk satpam keamanan, office boy, cleaning service dan lainnya agar membuat anda merasa nyaman dimanapun anda berada. Jika anda hanya baik pada satu personal dan karena ada maunya saja, hal itu hanya menyebabkan anda semakin tidak disukai dan bila diketahui oleh orang tersebut maka anda justru bukan mendapat hal positif, tetapi justru hasil negatif. Jadi bekerjalah dengan sebaik-baiknya kepada siapapun.

6. Bantulah rekan kerja anda
    Kebanyakaan orang yang bekerja selalu mengatakan sedang sibuk atau tidak bisa ketika diminta bantuan, banyak alasan itu biasanya karena tidak mau membantu teman atau rekan yang kesusahan. Sebaiknya jangan lakukan hal itu, bantulah teman atau rekan sekantor anda bila mereka membutuhkan bantuan, meninggalkan perkejaan anda sekitar 10 menit untuk membantu mereka sangatlah penting, jika ketika anda sudah berusaha membantu dan tidak bisa barulah anda kembali bekerja. Setidaknya jangan katakan tidak bisa, tetapi katakan "baik, tapi sebentar ya. saya juga ada kerjaan" sehingga teman anda tidak langsung berpikir buruk tentang diri anda. Mungkin saja, anda bisa menunjukan kemana sebaiknya teman anda bisa memperoleh bantuan yang lebih baik, itu sudah sangat cukup membantu teman anda. Dampak positifnya anda akan dikenal pekerja keras yang baik dan suka membantu, dan menjadi hal possitif dalam dunia kerja anda untuk meningkatkan karir.

7. Selalu tersenyum dan bersemangat
    Banyak orang bekerja dengan muka kusam dan kesal, ataupun rasa tidak terima atas apapun pekerjaan yang diberikan kepada mereka. tetapi, jika anda ingin menjadi pekerja yang baik. Sebaiknya anda dapat bekerja dengan senyum dan selalu bersemangat. Ketika anda berangkat bekerja dan memiliki masalah keluarga atau pribadi lainnya, usahakan tidak dibawa ke dalam pekerjaan. Tenangkanlah diri anda dan katakan pada diri anda "ini waktunya bekerja". Selain akan memaksimalkan pekerjaan anda, akan membuat kondisi pekerjaan lebih nyaman, dan lingkungan anda pun merasa berada dalam keadaan nyaman mengikuti diri anda. Apalagi ketika bertemu atasan anda, mereka akan lebih senang ketika melihat anda bekerja dengan rasa senang dan semangat.

Banyak orang mengalami gangguan dan hasil yang buruk dalam bekerja, mungkin banyak faktor yang mempengaruhi kita dalam bekerja. Termasuk persaingan karir di kantor, atasan yang kurang baik, atau lingkungan kerja yang tidak mendukung. Tetapi bila kita hanya bekerja dengan alasan itu semua sehingga pekerjaan kita justru semakin buruk, itu menjadi hal yang sangat tidak baik untuk diri kita ataupun lingkungan kita, maka sebaiknya. Bekerjalah dengan sebaik-baiknya dimanapun anda bekerja, pasti hal positif akan menyertai anda.

Good luck for your job.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar