Total Tayangan Halaman

Senin, 18 Februari 2013

3 Sosok Pengubah Masa Depan

Banyak hal yang diharapkan oleh umat manusia pada saat ini, karena manusia memang makhluk yang ingin sesuatu yang lebih baik. Tidak jarang terkadang seseorang melakukan segala hal untuk mencapai harapan dan keinginannya bahkan hingga mempertaruhkan resiko yang cukup berat. 
Melihat hal itu, kita pun terkadang membayangkan dunia yang damai dan tenteram untuk dihuni tanpa ada hal yang terlalu menggangu kebahagiaan kita. Namun, nyatanya harapan itu seolah sangat jauh untuk kita raih. Karena sebenarnya tidak cukup hanya kita saja yang menginginkan kedamaian dan kebahagiaan, tetapi kita juga membutuhkan sosok-sosok penting yang mampu memberikan perubahan yang positif dalam kehidupan ini. 

Dengan landasan harapan saya yang juga mengharapkan kehidupan yang damai dan dunia yang bebas dari keserakahan, kejahatan, perang ataupun hal buruk lainnya. Saya berpendapat 3 orang atau sosok yang setidaknya dapat memberikan hal positif adalah sebagai berikut :

1. PEMIMPIN

Pemimpin tentu adalah sosok pengarah terbesar bagi kita, baik pemimpin dunia ataupun hingga pemimpin keluarga. Karena sosok pemimpin adalah sosok yang memiliki kekuasaan memberikan keputusan dan membawa arah kemana kita akan bergerak, akan percuma jika rakyatnya bekerja kerasa dan menjaga ketentraman namun pemimpinya serakah dan dipenuhi hasrat untuk hanya berkuasa dan memperoleh kekayaan. Jika kita memiliki banyak pemimpin yang arif bijaksana dan memiliki ketulusan hati untuk memberikan yang terbaik untuk sekelilingnya, maka perubahan ke arah positif pun setidaknya dapat terwujud perlahan-lahan.
"Pemimpin adalah Pelopor"
Perlu kita amati bahwa seorang pemimpin besar dalam suatu teritori seperti negara akan memiliki bawahan ataupun pejabat yang dapat memperlihatkan kapasitas pemimpin itu. Jika seorang pemimpin memilih orang-orang yang justru korup, serakah, dan lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan umum, inilah yang dapat dikatakan justru akan membawa kehancuran bagi negara. Maka dari itu seorang pemimpin seharusnya memiliki pejabat dan pegawai yang memiliki kebaikan dan hal yang positif untuk kemajuan bersama.

2. GURU ATAU PENDIDIK

Setiap orang di dunia ini saya yakin memiliki seorang guru, baik guru formal di sekolah ataupun guru pribadi di rumah. Karena guru diangggap sosok pendidik dan pemberi masukan arah kepada seseorang untuk memiliki persiapan modal di masa mendatang. Maka tidak jarang beberapa orang mencari guru terbaik agar dapat memperoleh sesuatu yang lebih baik di masa depannya.Namun, banyaknya guru yang mengedepankan   pendidikan asal-asalan dapat membawa banyak perubahan buruk untuk anak-anak didik yang akan menjadi penerus dunia kedepannya. Maka dari itu, dunia membutuhkan sosok seorang guru yang baik dan memiliki integritas yang baik untuk memberikan ilmu terbaik dan kasih sayang tambahan kepada para penerus sejak dini untuk menjadsi penerus yang dapat menjadi sosok pemimpin baik kedepannya.

"Guru Adalah Pahlawan Perubahan"

Guru dapat dikatakan seorang pemberi mindset atau pemikiran dominan selain keluarga dan lingkungan, karena terkadang justru guru lah yang memiliki waktu lebih banyak bersama dengan seorang anak daripada orangtuanya. Maka tidak jarang banyak orang mengharapkan guru dapat memberikan hal terbaik kepada anak didiknya agar memiliki ilmu dan moral yang baik. Guru juga tidak hanya dituntut memberikan ilmu dasar hidup sesuai pelajaran yang diberikan tetapi seorang guru juga diharapkan dan memberikan pemahaman arah positif baik secara mental maupun moralitas seorang anak. 

3. ROHANIAWAN DAN ILMUWAN

Dua sosok ini dianggap berlawanan, tetapi ada sebuah kalimat yang dilontarkan oleh ilmuwsan terkenal Albert Einstein 
"Ilmu Tanpa Pengetahuan tanpa Moralitas seperti Orang Buta, dan Moralitas agama tanpa Ilmu Pengetahuan seperti Orang Pincang".
Artinya kita membutuhkan para ilmuwan untuk membawa kita ke kemajuan yang lebih baik namun tetap harus didampingi oleh pengendalian moralitas dan pemahaman kebaikan hidup agar ilmu yang kita miliki benar-benar berguna dan tidak malah menjadi hal yang merugikan orang banyak.
Ilmuwan dapat memberikan kita penemuan-penemuan peradaban hidup yang lebih baik sehingga kehidupan kita akan lebih tenang dan tidak terlalu berat. Para rohaniawan akan lebih memberikan kita penguatan mental dan moralitas yang baik sehingga kita dapat mengendalikan diri dari hal-hal negatif sehingga pemimpin dan para penggerak dunia ini akan tetap memiliki sisi positif dalam kehidupannya, terlepas dari rasa ke egoisan dan keserakahan diri.

Bagaimanapun, kehidupan memang tentunya ditentukan oleh banyak orang, setiap orang dapat berperan penting dalam menunjang perubahan hidup yang lebih baik kedepannya, tidak cukup juga bila kita semua hanya menuntut dan meminta para pemangku kekuasaan dan mereka yang memiliki peran besar untuk lebih baik sedangkan kita sendiri tidak pernah memberikan ssumbangsih yang baik kepada sekitar kita. Ada satu kalimat indah yang saya kutip 
"Jika kita tidak bisa mengubah dunia, ubahlah lingkungan sekitar kita, jika kita tidak bisa mengubah lingkungan sekitar kita, rubahlah keluarga kita, jika kita tidak bisa mengubah keluarga kita, maka sebaiknya mulailah dari merubah dirii kita sendiri, maka mulai saat itu kita akan memulai untuk merubah dunia".

Kita semua berharap memiliki kehidupan yang lebih baik, dan kita harus memulai sejak saat ini untuk mengubah diri kita. Terutama apabila kita memiliki tujuan menjadi seorang yang mampu memberikan perubahan besar seperti 3 sosok di atas. Mudah-mudahan dunia akan lebih baik dengan penuh kedamaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar